Minggu, 22 Juni 2008

"SALAM KENAL VB"

Suatu ketika seorang teman datang kepada saya. “Saya pengin sekali bisa bikin program.

Sekarang

saya lagi coba belajar Visual Basic. Tapi rasanya kok susah banget, ya?!!Ngga seperti program lainnya”katanya

“ Perintahnya banyak sekali. Ngga muat otak saya

“My God !!! Coba saja kalau dari awal ia mengenal komputer yang dipelajari adalah ViSUAL BasIC,

tentunya sekarang yang ia katakan susah adalah Microsoft Word, Excell atau yang lainnya.

Dalam Word, asal bisa baca tulisan pada keyboard, saya yakin semua orang pasti bisa bikin

surat. Cukup ditambah mengerti perintah mencetak, jadilah surat yang ia inginkan. Entah

bagaimanapun prosesnya.

Demikian juga halnya dengan ViSUAL BasIC. Untuk bisa membuat sebuah program aplikasi itu

tidak mesti harus menguasai semua teori tentang ViSUAL BasIC. Asal logika jalan, semisal hanya

bisa struktur If...Then sajapun itu sudah bisa digunakan untuk membuat sebuah program

yang jadi. Karena pada prinsipnya, semua software adalah sama mudahnya (atau bisa jadi malahan sama – sama sulitnya ??).

Tutorial ini mencoba membahas tentang langkah – langkah membuat sebuah program

aplikasi berbasis Visual Basic dari awal sampai akhir. Dari memahami sistem database yang akan kita buat sampai mengemasnya (packaging) menjadi program yang siap saji (emangnya makanan).

Namun penulis tidak akan mengulas banyak tentang dasar – dasar ViUAL BasIC. Karena sudah banyak rekan rekan yang jauh lebih paham di bandingkan saya.

Sedikit yang perlu saya tekankan adalah bahwa penggunaan struktur If …Then

sebaiknya anda pahami bener – bener dulu. Yang lainnya sambil jalan juga nggak papa.

Tool yang perlu dipersiapkan adalah Microsoft Visual Basic 6.0, dilengkapi dengan True

DBGrid 6.0. Untuk aplikasi databasenya menggunakan Microsoft Office Access, serta

Seagate Crystal Report 8.0 untuk membuat laporannya (reporting).

Akhirnya, tak ada gading yang tak retak, tak ada tulang yang tak patah. Semoga sedikit

yang dapat saya berikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tidak ada komentar: